Wilujeung Sumping

Selamat Datang Di Blog Rizqi RIfangga

Selasa, 22 Januari 2013

Tips Memilih Kosan Sekitar UNIKOM


Bulan Juli sampai September musimnya mahasiswa baru. Bagi kalian yang sudah diterima di Universitas kecengan kalian, saya ucapkan Selamat! Yang masih berjuang tetaplah semangat ’45. :-)  Pastinya kalian lagi sibuk mengurusi kepindahan ke kota Bandung yah? Kok tau? Karena saya juga pernah mengalami hal serupa tahun lalu. :-)Oleh karena itu, saya akan sedikit mengulas tentang tips dan trik memilih kosan. Pada tulisan ini saya gambarkan karakteristik dan suasana beberapa daerah kosan di sekitar kampus UNIKOM.

1. Sekeloa
Berada di sebelah timur kampus UNIKOM, daerah ini menjadi tempat favorit bagi sebagian besar mahasiswa UNIKOM. Tak hanya itu, di sini juga banyak anak UNPAD dan ITHB sehingga daerah ini tidak pernah redup. Banyak abang-abang gerobak berkeliaran, laundry, fotocopy dan print 24 jam, cari makan tengah malam No Problem. Berhubung daerah ini melewati Jalan Dipati Ukur, akses menuju kampus sangat mudah dan cepat serta dilewati angkutan umum 24 jam.  Setelah lelah seharian melakukan aktivitas kuliah, melewati daerah ini bisa sekalian cuci mata melihat makhluk-makhluk tuhan yang begitu indah. :-) Intinya Sekeloa Never Dies.
2. Tubagus Ismail
Tepat berada di belakang kampus UNIKOM, Tubagus Ismail juga merupakan daerah yang banyak anak UNIKOM-nya. Harga makanan yang pas dengan kantong mahasiswa menjadi keunggulan di daerah ini. Harga kosan disini bervariasi sesuai dengan fasilitas yang disediakan. Berujung di pasar Simpang Dago, sering terjadi kemacetan dalam akses menuju kampus. Namun jangan khawatir, banyak jalan alternatif yang lebih cepat. Sangat dianjurkan bagi yang tidak mempunyai kendaraan.
3. Cisitu
Daerah ini memanjang dimulai dari Cisitu lama, Cisitu Baru sampai Cisitu Indah. Bisa saya bilang Cisitu adalah negeri 1000 gang. :-) Sampai lorong-lorong sempit pun oleh warga sekitar dioptimalkan menjadi kos-kosan. Kebanyakan yang ngekost disini adalah mahasiswa ITB. Angkutan umum yang melewati Cisitu hanya sampai jam 9 malam, namun masalah fasilitas disini cukup lengkap seperti halnya di Sekeloa. Terdapat banyak asrama mahasiswa yang berasal dari luar daerah.
4. Dago Asri
Bagi yang berkantong tebal, saya rekomendasikan memilih kosan di perumahan Dago Asri. Harga kosan di daerah ini berkisar di atas 1 jutaan per bulan. Nilai tersebut sangat sebanding dengan fasilitas yang diberikan seperti akses internet, kamar mandi di dalam, air hangat serta tv cable. Bahkan beberapa mendapatkan fasilitas furniture yang cukup mewah. Lebih terdengar seperti apartment bukan kos-kosan. :-)
5. Monumen
Bagi yang seneng hiburan, disinilah tempatnya. Hampir setiap malam selalu ada event yang diselenggarakan baik konser musik, pameran, maupun acara-acara lainnya. Karena berdekatan dengan Monumen Perjuangan Rakyat dan Lapangan Gasibu (Gedung Sate). Menuju kampus bisa jalan kaki atau naik angkot jika merasa kepanasan. Di daerah ini jangan khawatir kehabisan makanan, punya uang berapa pun jika tidak arif dan bijaksana menggunakannya akan tersesat di jalan yang tidak benar. Hahaha...
Sebenarnya masih banyak tempat-tempat yang biasanya menawarkan kosan dengan beragam variasi harga seperti di Ciumbuleuit, Cikutra, Suci, Dago dll. Namun, tempat-tempat di atas merupakan tempat yang paling dekat menuju kampus UNIKOM. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih kosan.
1. Harga (Disesuaikan dengan kemampuan orang tua) 
2. Fasilitas (Apakah sesuai dengan kebutuhan?)
3. Jarak (Jauh atau dekatnya menuju kampus)
4. Akses Kendaraan (Masuk mobil dan motor atau tidak)
5. Lingkungan (Kondusif untuk belajar, bersosialisasi dan menyenangkan)
6. Safety (Keamanan lingkungan)
Memang bukan perkara mudah mencari kosan yang akan dijadikan tempat bernaung selama beberapa tahun serta sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Jika masih bingung atau bahkan tidak tahu sama sekali kalian bisa bertanya pada senior, kerabat, kenalan atau searching di internet. Selamat mencari kosan!

sumber : http://rickysnapshot.blogspot.com/2012/08/kosan-dekat-unikom-unpad-itb-dago-ithb-sekeloa.html

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Jeritan Hati Harimau Kecil Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates | Distributed by Way2 Blogger Templates